November 13, 2012

tangan politik di media?



Media Tanah Air dan Politik
Media dikenal pada era sekarang ini sebagai pilar demokrasi yang ke empat. Media memiliki peran yang cukup penting dalam membangun arah demokrasi suatu Negara kedepannya. Media juga memiliki peran yang sangat signifkan dalam mmbngun pemikiran bagi msayarakat luas sehingga dapat menjelajah pikiran masayarakat terhadap suatu Negara.
Mengenai politik. Jelas, politik merupakan alat kekuasaan yang menginginkan untuk memperoleh kursi panas di pemerintahan. Dengan adanya media di tanah air bahkan menjadi jalur lain para politikus untuk mendapat perhatian dan simpati masyarakat luas. Dengan media di tanah air yang sudah dikenal masyarakat luas serta dikonsumsi banyak orang, maka tidak salah media di tanah air menjadi “alat” mengatur pergerakan pemikiran yag beredar masyarakt luas.
Sekalipun media di tanah air memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, media di tanah air memiliki sejarah panjang untuk menjadi alat demokrasi keempat. Terutama di Indoneia, yang dahulu media sering dicekal karena muatan berita yang selalu mengkritik atas kinerja hingga sekarang media di tanah air sudah mulai berani berkspresi memberitakan apa saja. Bahkan media sudah menjadi kaki tangan penguasa.
Terdapat beberapa hubungan antara media terutama pers dengan pemerintah, diantaranya:
  1. Mempunyai kedudukan yang seimbang dan berjalan sendiri-sendirià kehidupan pers tidak tergantung pada pemerintah dan pemerintah tidak tergantung kepada pers sebagai saluran informasi
  2. Bekerja sama dengan pemerintah dengan posisi tawar yang seimbangàpers sebagai partner pemerintah yang senantiasa bekerja sama untuk tujuan yang dirumuskan bersama
  3. Alat pemerintahàdikendalikan oleh pemerintah untuk kepentingan pemerintah (Merrill 1989:100)
Dari hubungan yang dapat dilihat diatas, jelaslah bahwa pers memiliki peran-peran yang cukup berarti, terutama perannya dengan pemerintah yang merupakan pawang politik dalam suatu Negara.
Di Indonesia sudah sangat jelas sekali keterkaitan yang sangat erat antara media dengan politik yang menjadi tumpu kekuasaan. Media menjadi alat politik yang sangat kuat dan cukup representative dalam mengoyak-ngoyak kestabilan yang ada di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan adanya kekuatan politik di media juga menjadi suatu pengarah penguasa terhadap apa yang dipikrkan oleh khalayak luas sebagai pemtak lain tugas dari media itu sendiri saat ini sebagai bentuk opini publik yang diharapkan sesuai dengan apa yang diarahkan oleh penguasa di media yang ia kuasai.
Banyak contoh dari negeri ini yang sangat jelas memperlihatkan hubungan yang erat antara media dan juga penguasa ataupun politikus. Yang pertama ialah MNC Group yang dimiliki oleh Harry Tanoesoedibya yang berafiliasi dengan Surya Paloh sang Bapak Partai Nasiona Demokrat (NASDEM); MNC Goup terdiri dari banyak bangunan media yang terdpat di nya, missal media elektronik di pertelevisian saja MNC terdiri dari tiga stasiun televisi besar yakni RCTI, MNC TV, dan Global TV. Selain dari tiga televise besar di MNC Group ini ada juga stasiun televisi Metro TV yang jelas-jelas sangat berpihak pada Surya Paloh karena beliaulah yang berkuasa di situ. Selain dari tiga stasiun televise besar ini, ada juga kaki tangan yang berbentuk medi online seperti okezone.com, mediaindonesia.com dan lainnya. Dari media cetak, surat kabar yang bernaung pada MNC da NASDEM ini diantaranya Seputar Indonesia (SINDO), serta media Indonesia. Lalu dari penyiaran radio ada Trijaya FM dan berbagai radio ladio lainnya di Jakarta dan Tanah Air yang jelas sekali memihak pada MNC serta NASDEM.
Tak kalah untuk bersaing ada anak perusahaan media yang dimiliki oleh keluarga Bakrie. Aburizal Bakrie sebagai Ketua Umum Prtai Golongan Rakyat (GOLKAR) jelas menaruh banyak kekuatan di media yang dipegang oleh Bakrie Group. Dari pertelevisian jelas ada ANTeVe dan TV One yang menjadi garda terdepan peran politik dari Bakrie. Dari media online ada Vivanews.com, dan juga berbagai media lainnya yang memiliki peran yang luar biasa hebat pengaruhnya terhadap masyarakat.
Bukan hanya kedua partai tersebut yang memiliki kaki tangannya di berbagai media di tanah air. Hampir semua media di tanah air memiliki afiliasi dengan suatu partai politik dan juga politikus serta oang-orang yang memang memiliki kekuasaan yang luar biasa di Tanah Air.
Saatnya menjadi pemuda yang kritis dan mencoba turut menjadi agent of change di negeri ini. Serta menjadi bagian dari garda terdepan dalam demokrasi negeri ini (mba Hermin).

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes